Anggun C Sasmi Suport Anak-anak Tangerang “Mencari Rimba” di Jepang

10. December 2017 Berita 0
Anggun C Sasmi Suport Anak-anak Tangerang “Mencari Rimba” di Jepang

Anggun C Sasmi Suport Anak-anak Tangerang “Mencari Rimba” di Jepang

Produser Eksekutif sekaligus Ketua Gerakan Perempuan Tanam & Pelihara (GPTP), Triwatty Marciano mengatakan bahwa anak-anak asal Tangerang akan tampil dalam drama musikal di Jepang, mulai Jumat (29/7/2016) hingga Kamis (4/8/2016). Mereka yang tampil itu adalah yang lolos seleksi IATA (International Amateur Theatre Association), Pentas itu diselenggarakan di The World Festival of Children’s Performing Art Toyama. Mereka menyuarakan keprihatinan akan lingkungan.

Drama musikal itu bertajuk “Mencari Rimba”. Salah seorang pemainnya adalah Adit Marciano (17 tahun) yang pernah terlibat dalam drama “Aida the Musical” dan menyukai download naruto senki final mod. Drama tersebut merupakan salah satu program Camp Broadway yang digelar di BB King Studio Broadway New York.

Ekologi dan kasih sayang terhadap hewan menjadi tema dari lagu-lagu yang nantinya dinyanyikan oleh Adit. Di sini, dia berperan sebagai Rimba, remaja buta dan hidup di pinggiran hutan.
Diceritakan bahwa di hutan banyak hewan cacat dan anak utan yang kehilangan ayahnya. Hati Rimba tergerak menolong hewan-hewan misalnya, gajah yang kehilangan gading dan rusah yang patah tanduknya, download naruto senki final mod.

Di Jepang, drama musikal ini tampil di Toyoma. Sutradara pementasan adalah Isdaryanto Boedi Oetomo. Isdaryanto pernah sukses menggelar pementasan kolosal Operet Bobo di beberapa kota. Isdaryanto merupakan lulusan jurusan teater Institut Kesenian Jakarta, yang sejak era ‘80-an dikenal setia menggeluti teater anak-anak.

Ada satu nyanyian yang dibawakan Adit yang merupakan kritik atas hancurnya ekosistem hutan karena hasrat serakah para pebisnis disuarakan lantang. Lagu itu berjudul “Alam Terluka”
Selain Adit, drama musikal “Mencari Rimba” akan didukung pula oleh aktor dan aktris pilihan dari Akademi Pentas Mahakarya.

Kesadaran sejak kanak-kanak
Menurut Triwatty, tema lingkungan harus ditanamkan kepada anak-anak sedunia oleh karena itu pertunjukan ini sengaja dipilih bertema lingkungan. Drama musikal anak-anak, lanjut Triwatty, seharusnya tak hanya menghibur tetapi juga memberikan pendidikan dan kesadaran.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap 5 Juni menjadi inspirasi tambahan untuk drama ini. Pada 2016, peringatan tersebut mengusung tema memerangi perdagangan satwa liar.
Durasi drama ini berkisar 40 menit. Seno Joko Suyono berhasil menyusun naskah yang menghasilkan sebuah drama sederhana tetapi menyentuh.

Pilihan tokoh berbasis dunia fabel alias dunia satwa yang bisa berbicara bukan tanpa alasan. “Kisah-kisah fabel sudah sangat berakar dalam cerita-cerita tradisional baik di Indonesia maupun di Jepang,” ungkap Seno. Indonesia sudah tidak asing dengan budaya Jepang dilihat dari banyaknya download naruto senki final mod.

Topeng menjadi bagian properti drama, imbuh Seno, sebagai wujud pengemasan visual komunikatif. Gerak tari anak melengkapi drama musikal, dengan penata tari adalah Serraimere Bogie Koirewoa. Bogie akan membantu Isdaryanto agar adegan demi adegan banyak disisipi gerakan-gerakan tarian yang tepat agar tidak membosankan.

Isdaryanto lebih lanjut mengatakan bahwa teater anak-anak harus cepat dimengerti. Teater ini menonjolkan sisi kasih sayang Rimba terhadap hewan-hewan yang terluka download naruto senki final mod.

Pertunjukan “Mencari Rimba” dibawakan oleh 11 anak-anak dan remaja. Supaya tetap dimengerti, pertunjukan ini nantinya tetap dibawakan dalam Bahasa Indonesia.

Adapun penata musik untuk pementasan ini adalah Andy Ayunir. Lulusan Synthesis and Recording Berkelee College of Music Boston ini sudah bekerja sama dengan banyak penyanyi papan atas, mulai dari Anggun C Sasmi dan Melly Goeslaw sampai Sandy Sondoro dan Sherina. Video mapping dibuat Omar Jusma, video maker asal Makassar yang sudah malang melintang di Eropa. Sementara Tata cahaya diserahkan pada Sonny Soemarsono.

Pada akhir adegan, Adit mengajak ayah dan para pekerja ayahnya untuk merawat tanaman dan pepohonan. Sebagai sesama makhluk Tuhan, mereka berhak hidup bersama manusia. Dalam sebuah lagu yang liriknya dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang, para satwa bernyanyi bersama-sama.
Sumber : http://entertainment.kompas.com/read/2016/07/29/070000410/Anak-anak.Tangerang.Mencari.Rimba.di.Jepang


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *