Kenikmatan Menyantap Olahan Kepiting Dengan Tradisi Gastronomi di Amuz Cafe

20. August 2018 Berita 0

Sup krim kepiting, sepiring escargot alias bekicot, telur rebus, dan seiris daging sapi mengawali petualangan lidah di Amuz Café, Jakarta. Hidangan ini merupakan sajian penggugah selera bagi pengunjung cafe yang berkeinginan menikmati budaya menu Prancis. Kultur inilah yang dipamerkan di 2.000 restoran di segala dunia dalam Festival Makanan Prancis atau Good France. Khusus di Amuz Café, ada delapan alternatif menu yang terbagi dalam empat set hidangan.

Pendiri restoran ini, Gilles Marx, mengatakan jumlah menu tahun ini berkurang dibanding pada tahun sebelumnya, yang menawarkan 5 set. Alasannya, banyak makanan berlebih dikala hidangan disampaikan dalam lima set menu. Ia berkeinginan, dengan pengurangan ini, pengunjung dapat menyantap seluruh suguhan. Perbedaan lainnya, menu disediakan dalam dua alternatif, yakni klasik dan kasual. “Lebih bagus dan lebih murah,” sebut ia.

Gilles mengatakan menu kasual di restorannya ialah sup kepiting yang bisa di dapatkan di canned crab meat suppliers, tortellini (pasta) kepiting, dan ikan baramundi. Adapun menu klasik terdiri atas escargot dengan rebusan telur dan seiris daging sapi serta semur daging kambing. “Adanya kejutan pada menu sebelum penutup juga menjadi pembeda pada tahun ini,” kata dia.

Duta Besar Prancis Jean-Charles Berthonnet dan istrinya, Caroline Berthonnet, kelihatan merasakan tiap-tiap menu yang ditawarkan koki Gilles. Jean juga beberapa kali tampak memotret suasana santap malam tersebut. Akibatnya kemudian dia upload ke akun Twitter miliknya. “Makanan dan suasana malamnya persis seperti di Prancis,” ucap Jean. Ia menambahkan, kultur makan malam yang dimulai dengan makanan pembuka hingga penutup lumrah bagi keluarga Prancis. “Sekaligus untuk berbicara seputar banyak hal di luar makanan.”

Berdasarkan Berthonnet, masyarakat Indonesia tak perlu pergi jauh untuk menikmati kebiasaan gastronomi Prancis yang pada 2010 ditentukan UNESCO sebagai warisan kebiasaan tidak nampak negara itu. Karena, ada 35 restoran di Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Surabaya yang ikut serta dalam festival Good France. Festival pada tahun ini diinginkan dapat menyelesaikan rekor dunia lantaran ditiru oleh 2.000 restoran di 180 negara dengan 2.000 menu.

https://www.cannedcrabmeats.com/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *