Good News! Peluang Kerjasama “Sister City” Jakarta – Paris Segera Kembali Terbuka

06. December 2018 Berita 0
Good News! Peluang Kerjasama “Sister City” Jakarta – Paris Segera Kembali Terbuka

Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012 – 2017, Djarot Saiful Hidayat menyambut kunjungan kehormatan dari Hotmangaraja Panjaitan selaku duta besar RI untuk Perancis di balai Kota DKI Jakarta. Kunjungan tersebut berisi tentang bahasan promosi pariwisata Indonesia melalui jalur bilateral dengan KBRI Paris. Tentu saja pembahasan tersebut juga ada kaitanya dengan kerjasama Jakarta Paris, yang disebut sebagai Sister-City.

“Mereka sedang berproses untuk kembali mengadakan kerjasama Sister-City antara Paris dan Jakarta”. Ungkap Djarot Saiful Hidayat saat berada di balai Kota DKI Jakarta.

Sementara itu Djarot menuturkan bahwa kerjasama Sister-City antara Paris dan Jakarta ini sangat utama dalam mengembangkan tata kelola perkotaan. Sebagaimana Paris yang hampir serupa dengan perkotaan Jakarta. “Walikota di daerah Paris beban pekerjaan yang hampir sama dengan Gubernur di Jakarta, mereka menaungi 22 kota sekaligus. Jadi, mengapa tidak sekalian saja kita jalani kerjasama Sister-City? Toh agar mereka juga tidak bolak balik dari Prancis ke Indonesia” jelasnya.

Djarot kembali menerangkan bahwa Jakarta sebelumnya juga telah menjalin kerjasama Sister-City dengan Paris pada 8 Agustus 1995. Di mana kedua belah pihak telah menyepakati penandatanganan memorandum of understanding atau disingkat dengan Sister-City antara Jakarta dan Paris.

 

Sumber gambar :beritasatu.com

Kerjasama tersebut berisi tentang penataan kota, angkutan umum untuk meningkatkan potensi wisata Jakarta, lalu lintas, organisasi administrasi kota, pendidikan staff administrasi, teknik dan masih banyak lagi. Hanya saja status dari kerjasama tersebut sudah lama tak terurus dan tidak berlaku lagi.

Oleh karena itu diharapkan pada pertemuan tersebut KBRI Paris dapat memfasilitasi memfasilitasi komunikasi antara pihak pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah kota Paris. Sehingga dapat mengaktifkan kembali perjanjian antara kedua kota tersebut melalui aneka program pertukaran ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan tata kelola kota keduanya.

 

https://travelbos.id/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *