Manfaat Cuka Apel Bagi Warga Asia & Perancis

02. April 2018 Kecantikan 0

Apa saja manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengkonsumsi sari cuka apel? Bagaimana metode membuat cuka apel di rumah?

Pemanfaatan cuka aple sudah lama menjadi praktik lazim di kalangan penduduk di benua Amerika Utara. Belakangan ini, praktik pemanfaatan cuka apel telah menyebar ke beragam benua, termasuk Asia. Malahan banyak perusahaan yang sudah memproduksi cuka apel dalam kemasan yang praktis dan ekonomis. Air cuka juga dibuat dari berjenis-jenis tipe bahan. Orang Jepang dan China contohnya, membuat cuka dari beras. Sementara itu, warga Prancis membuat cuka dari anggur, Meksiko dari pohon kaktus, Filipina dari pohon kelapa dan Indonesia dari pohon nira (cuka aren). Namun tahukah Anda, cuka yang paling bagus untuk kesehatan ialah cuka apel.

Pada dasarnya, jual cuka apel mengandung gizi yang sama seperti bahan dasarnya. Dengan pengerjaan fermintasi, kandungan nutrisinya bertambah kaya, secara khusus enzim dan asam amino. Progres fermintasi pulalah yang memberikan khasiat penyembuhan yang memukau dari cuka apel. Cuka apel selain dipakai untuk memasak, mengawetkan makanan, merawat kecantikan juga betul-betul berguna untuk kesehatan seperti rematik, asam urat, kolestrol, hipertensi, diabetes, maag, melancarkan membuang air besar dan gangguan penyakit degeneratif lainnya.

Baca juga: Wisata Perancis Yang Wajib Dikunjungi

Kandungan Gizi Cuka Apel

Cuka apel yakni minuman kesehatan yang berprofesi bukan untuk menuntaskan satu penyakit tertentu saja, namun lebih untuk mengeleminir atau menekan penyebab timbulnya penyakit. Dengan mengkonsumsi secara rutin sari cuka apel, karenanya bisa menolong meningkatkan vitalitas dan kekuatan bendung tubuh serta meningkatkan mutu metabolisme tubuh. Cuka sari apel sebetulnya mengandung asam asetat, yakni sejenis asam monoprotik dengan kadar keasaman (pH) mencapai angka 4,76. Cuka apel mengandung bermacam-macam mineral yang bagus untuk kesehatan, diantaranya:

  • Asam Maltat, membersihkan sel yang rusak, sehingga membikin jaringan tubuh manusia menjadi segar dan awet muda.
  • Magnesium (mencegah dan menyembuhkan kerapuhan tulang atau osteoporosis).
  • Asam Hidrochlorine, menolong pencernaan.
  • Asam Amino, memperkuat dinding usus, hingga melenyapkan sakit maag.
  • Kalium yang berfungsi melenyapkan nyeri-nyeri sendi atau rematik, mencegah serangan jantung atau stroke. Kalium juga kapabel membersihkan darah dari kolestrol dan toksin.
  • Pektin, yakni serat kasar yang berbentuk gel, bisa membetuli otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pencernaan, meresap kelebihan air dalam usus dan buang racun dalam isi perut. Apabila berintegrasi dengan vitamin C, bisa menurunkan kolestrol dalam darah.

Referensi:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *